Minggu, 11 Oktober 2020

CARA MENGHITUNG JAM KERJA



Untuk Menghitung jam kerja karyawan harian sebenarnya dengan menggunakan microsoft excel dapat dilakukan secara mudah . Tapi pada kenyataannya masih banyak dijumpai penggunaan excel yang masih kesulitan dalam menghitung jam kerja karyawan, biasanya faktor karena belum tahu atau faham menggunakan fungsi dalam excel yang mendukung untuk perhitungan atau kalkulasi jam.

Untuk perhitungan normal tanpa perhitungan jam istirahat biasanya akan didapat nilai sebagai berikut :


Nilai diatas adalah pengurangan murni tanpa fungsi tambahan excel. Pertanyaannya bagaimana kita menghitung Jam Keluar dikurangi Jam Masuk dikurangi Jam Istirahat? Maka jawabanya adalah dengan menambahkan fungsi TIME

FUNSI TIME

Fungsi Time adalah untuk mengset satuan waktu, sehingga hasilnya bisa dipakai untuk perhitungan dengan cell yang berformat Time.

FUNGSI


Untuk membuat nilai dalam satuan Jam Menit dan Detik


CARA PENULISAN DI CELL


=TIME(BILANGAN_JAM;BILANGAN_MENIT;BILANGAN_DETIK)

BILANGAN_JAM Nilai angka Jam
BILANGAN_MENIT Nilai angka Menit
BILANGAN_DETIK Nilai angka Detik

CONTOH MENGHITUNG BERAPA JAM KERJA DIKURANGI JAM ISTIRAHAT

Untuk Menghitung Jam Keluar dikurangi Jam Masuk dikurangi Jam Istirahat sehingga menghasilkan jumlah jam kerja. dengan mengkombinasikan fungsu time langkahnya sebagai berikut :

Jika jam istirahat adalah 1 jam maka yang perlu diset di fungsi Time adalah =Time(1,0,0) maka hasilnya adalah 1:00:00, dan jika waktu istirahatnya adalah 45 menit maka di Fungsi Time diset dengan parameter = Time(0;45;0)

sebagai contoh, dibawah ini dengan menggunakan waktu istirahat 1 jam, perhatikan gambar dibawah ini : 

\

CONTOH WAKTU ISTIRAHAT 45 MENIT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EXCEL check for duplicates

Select the cells you want to check for duplicates. ... Click Home > Conditional Formatting > Highlight Cells Rules > Duplicate Val...